Berbicara tentang SEO, banyak
sekali kata kata asing yang mungkin mas vroh belum tahu, khususnya
untuk yang pemula dalam SEO. Contoh kata yang sering dijumpai dalam
dunia SEO antara lain adalah noindex, nofollow, dofollow, doindex, meta robots dan lainnya. Di artikel ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu noindex, dofollow, nofollow, meta robots, dll. Ini saya buat spesial loh buat yang baru belajar SEO, sama kaya saya. wahahaha.
Apa itu Nofollow
Nofollow adalah
sebuah atribut HTML yang ditujukan untuk memberikan instruksi kepada
search engine bahwa link yang ditulis dengan atribut nofollow tidak akan berpengaruh untuk target link pada search engine. Jadi ga memberikan nilai apapun dimata Google atau SERP, namun tetap berpengaruh untuk
mendatangkan visitor jika link tersebut diklik. Atribut No-follow
pertama kali diperkenalkan oleh Matt Cutts dan Jason Shellen di tahun
2005. Atribut nofollow ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas search engine dari spam, dan mencegah search engine mengindeks website spam di rangking yang bagus.
Apa itu Dofollow
Dofollow adalah
sebuah attribute HTML yang bertujuan memberi insturksi bahwa link
tersebut relevan dengan post yang ada dalam website tersebut. Berbeda
dengan No-follow, Dofollow ini memberikan nilai tambah untuk SERP dimata Google. Jadi posisi website target bisa naik.
Jadi sekarang tau kan tentang perbedaan dari Nofollow dan Dofollow. Intinya
Crawler bots akan menelusuri link yang beratribut Dofollow, istilahnya
link juice. Tetapi Crawler Bots tidak akan menelusuri link yang
beratribut No-follow.
Contoh penggunaan dari Nofollow dan Dofollow
Nah dibagian ini saya contohkan penggunaan daripada nofollow dan dofollow dalam anchor link.
Contoh penggunaan Nofollow :
<a href=“http://www.facebook.com” rel=“nofollow”>Facebook</a>
Contoh penggunaan Dofollow :
<a href=“http://www.facebook.com”>Facebook</a>
Terlihat
dari contoh diatas, sangat jelas sekali perbedaan link no-follow dan
do-follow dalam anchor link.namun bisa juga nofollow tidak tertulis pada
anchor link tapi tertulis pada meta robot.
Tipe attribute Nofollow
Untuk tipe atribut dari nofollow yang saya ketahui ada 2, cuman kalo ada tambahan tolong dikomen yak. hehe. Berikut tipe dari Nofollow :
- Atribut Dalam Link : <a href=“http://www.facebook.com” rel=“nofollow”>Facebook</a>
- Atribut Pada MetaTag : <meta name=“robots” content=“nofollow”/>
Untuk Nofollow dalam meta tag diatas berarti memberi instruksi pada crawler bots bahwa semua link yang ada dalam page tersebut beratribut nofollow, walaupun tidak tertulis dalam link atribut.
Oh iya untuk noindex, biasanya terletak pada metatag robots, yang nanti akan memberi tahu bahwa halaman tersebut tidak diijinkan untuk diindex pada search engine. Jadi crawler bots tidak akan mengecek halaman tersebut. langsung skip, meskipun tidak ada atribut no-follow. Biasanya atribut ini dipakai pada halaman login, customer, dan halaman dengan data data sensitive lainnya agar tidak diindex, kalo diindex ntar bisa aja muncul pas disearch pake google dork, ntar jatohnya carding atau meretas akun.
Catatan Penting untuk Nofollow
Google akan tetap menghitung no-follow link sebagai backlink tergantung dari letak link tersebut. Jika ditempatkan dibawah, maka pengaruh dari link tersebut akan kalah dengan link no-follow yang terletak diatas. Baca juga tentang pengertian backlink dan apa fungsi backlink.
Sekian dari saya tentang sharing apa itu No-follow, Do-follow dan No-index. kalo ada typo atau salah, silahkan komentar dibawah. Maklum masih newbie.
Thanks, Panji.
1 Response to "Tentang Nofollow Dofollow dan Noindex, SEO Dasar"
Gan, kalau noIndex gmn ?
Post a Comment