Pengertian GNOME dan KDE

PENGERTIAN GNOME DAN KDE

•GNOME - Guh-Nome (GNU Network Object Model Environment) adalah graphical user interface (GUI) & aplikasi desktop untuk sebagian pengguna Unix dan Linux. Ada juga yang di tujukan untuk membuat OS Linux lebih mudah di gunakan untuk non-pemrogram yang pada umum nya terkalit dengan Windows dan kumpulan aplikasi yang menyerupai. GNOME adalah salah satu desktop bagi para pengguna Linux yang memiliki kemudahan memilih aplikasi desktop, dari beberapa tampilan desktop yang tersedia. Dengan GNOME desktop dapat di buat agar terlihat seperti Windows98, Mac OS, atau dengan efect 3D desktop. Gnome juga memiliki kemiripan yang bisa di temukan di Windows Office 97, word processor, a spreadsheet program, database manager, presentation developer, Web browser, dan e-mail program.

GNOME berawal dari upaya dan usaha pengembangan para sukarelawan yang bekerja di bawah naungan Free Software Foundation, sebuah organisasi yang di dirikan oleh richard Stallman. Stallman dan anggota Free Software Foundation meyakini bahwa source code harus selalu publik dan terbuka untuk perubahan sehingga terus dapat di tingkatkan dan dikembangkan oleh orang lain.

GNOME sebagai upaya atau alternatif agar pasar aplikasi desktop tidak di pegang oleh 1 vendor.
Tujuan GNOME adalah menyediakan sejumlah aplikasi yang mudah dan ramah untuk di gunakan.
Selain sebagai desktop, GNOME juga datang untuk pengguna dan kumpulan aplikasi handheld PalmPilot.

•KDE
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.

Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Perbedaan GNOME dan KDE
PERBEDAAN kde dan gnome :1.KDE berorientasi pada tampilan grafis shg tampilannya lebih cantik daripadaGNOME yang tidak terlalu "menaruh perhatian besar pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali"2. GNOME lebih irit memori daripada KDE, sehingga performa GNOME relatif lebih cepat daripada KDE (ini mungkin krn GNOME tidak berorientasi pada grafis tetapi lebih kepada penghematan memori). Kalo gak percaya coba anda installubuntu yg pake GNOME dan mandriva yg pake KDE. terasa banget bedanyakalo saya pribadi sih lebih suka pake KDE karena tampilannya lebih cantik, lebih fleksible dan fully customizable.

0 Response to "Pengertian GNOME dan KDE"

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar ngawur sobat